Implementasi pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SLB Negeri Mandailing Natal

Main Author: Bulan, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/269/1/12%20310%200237.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/269/
Daftar Isi:
  • Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunarungu di SLB Negeri Mandailing Natal”. Adapun yang melatar belakangai penelitian ini adalah bahwa Pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu hampir sama dengan pendidikan agama Islam untuk anak normal. Dalam proses pendidikan tersebut tentu sesuai tujuan, materi, metode dan evaluasi untuk pelaksanaan PAI pada siswa tunarungu. Guru di SLB Negeri Mandailing Natal ini tamatan dari jurusan PAI maka akan sulitlah bagi guru untuk menangani siswa tunarungu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi PAI pada siswa tunarungu yang berkaitan dengan komponen tujuan, karakteristik guru PAI, metode, materi, dan evaluasi yang ada di SLB Mandailing Natal. Dan kegunaan penelitian ini untuk menjadikan siswa tunarungu berakhlak baik dalam kehidupan sehari-hari dan memperluas wawasan guru dalam memahami siswa tunarungu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah terdiri dari observasi implementasi PAI pada siswa tunarungu di SLB Negeri Mandailing Natal, wawancara secara langsung dengan guru PAI, Kepala sekolah, wali kelas tunarungu dan orang tua siswa yang dianggap mampu memberikan keterangan serta masukan yang sesuai dengan data yang peneliti butuhkan. Dalam penelitian ini didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis deskripsikan. Selanjutnya, peneliti menganalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan agama Islam pada siswa tunarungu di SLB Negeri Mandailing Natal telah berjalan dengan lancar. Tujuan pembelajaran PAI sesuai dengan tujuan PAI SDLB, gurunya memiliki sifat sabar, tanggung jawab dan penyanyang. Materi dan metode seseuai dalam pelaksanaan PAI dan evaluasi yang dilakukan guru ada secara tertulis, non tertulis dan perilaku sesuai dengan materi PAI. Dari sini dapat dipahami bahwa implementasi pendidikan agama Islam di SLB Negeri Mandailing Natal sudah menerapkan komponen-komponen pendidikan dengan baik yang disesuaikan dengan kemampuan siswa tunarungu.