Pengaruh model pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan

Main Author: Ningsih, Yulita Pebriya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2677/1/15%20202%2000005.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2677/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa yang masih kurang. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika selama ini masih cenderung menggunakan metode konvensional yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan murid sebagai pendengar yang pasif. Oleh karena itu perlu mengubah model pembelajaran yang selama ini diterapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi Bangun Ruang Kubus dan Balok kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttes control group desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan tahun ajaran 2019-2020. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas eksperimen (VIII-1) 25 siswa dan kelas kontrol (VIII-2) 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes esay, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan uji Hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka nilai thitung = 4,2304. Dengan demikian thitung>ttabel (4,2304 > 2,008) yang menunjukkan hipotesis diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap komunikasi matematika siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 6 Padangsidimpuan.