Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual pada materi makanan halal dan haram dalam Islam di kelas VIII MTsN 4 Tapanuli Selatan

Main Author: Maisyaroh, Maisyaroh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2630/1/15%20201%2000140.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2630/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi “Makanan Halal dan Haram Dalam Islam” dikarenakan kurangya guru dalam mengaplikasikan rencana pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami materi”Makanan Halal dan Haram Dalam Islam”. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pengembangan Rencana Pembelajaran yang valid pada materi makana halal dan haram dalam islam di MTsN 4 Tapanuli Selatan. Bagaimana pengembangan Rencana Pembelajaran yang praktis pada materi makana halal dan haram dalam islam di MTsN 4 Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas perangkat Pembelajaran pada materi “Makanan Halal dan Haram Dalam Islam”di MTsN 4 Tapanuli Selatan. Manfaat penelitian ini sebagai masukan atau sumbangan terhadap perancangan rencana pelakanaan pembelajaran Fikih, khususnya materi “Makanan Halal dan Haram Dalam Islam. Jenis penelitian ini adalah jenis R&D dengan menerapkan model ADDIE(analysis, design, development, implementation and evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 4 Tapanuli Selatan dengan subyek ujicoba produk di kelas VIII berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, angket respon siswa untuk mengetahui validitas dan praktikalitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dinyatakan valid dengan nilai 95 2)Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dinyatakan praktisdengan nilai 85. Dengan demikian pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis kontekstual pada materi “Makanan Halal dan Haram Dalam Islam, memenuhi aspek validitas dan praktikalitas