Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Harahap, Elvia Nora
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2627/1/15%20201%2000088.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2627/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mutu pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan yang baik, salah satu faktor yang berpengaruh adalah peranan kepala sekolahnya. Untuk itu perlu adanya peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dimana kepala sekolah harus mempunyai keterampilan dalam mengelola suatu lembaga tersebut dapat dicapai yakni meningkatnya mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan apakah dengan peranan kepala sekolah tersebut dapat meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sehubungan dengan hal tersebut pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi kepala sekolah sebagai pemimpin, kepala sekolah sebagai motivator, kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai administrator dan kepala sekolah menejer untuk meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metodologi penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan diperoleh dari informan primer dan sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data dan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan, lebih baik dari sebelumnya. Adapun peranan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi kepala sekolah sebagai pemimpin, kepala sekolah sebagai motivator, kepala sekolah sebagai supervisor, kepala sekolah sebagai administrator dan kepala sekolah menejer.