Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual pada materi sedekah, hibah dan hadiah di kelas VIII MTsN 4 Tapanuli Selatan

Main Author: Ansari, Riski
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2625/1/15%20201%2000154.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2625/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi Sedekah, Hibah dan Hadiah. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami materi Sedekah, Hibah dan Hadiah. Disebabkan kurangnya model dalam pembelajaran, Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pengembangan Pembelajaran berbasis kontekstual pada materi sedekah, hibah dan hadiah dan bagaimana validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran di MTsN 4 Tapanuli Selatan lokasi Sinyior. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas perangkat Pembelajaran pada materi sedekah, hibah dan hadiah di MTsN 4 Tapanuli Selatan lokasi Sinyior. Manfaat penelitian ini sebagai masukan atau sumbangan terhadap perancangan rencana pelakanaan pembelajaran Fikih, khususnya materi sedekah, hibah dan hadiah. Jenis penelitian ini adalah jenis R&D dengan menerapkan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 4 Tapanuli Selatan dengan subyek ujicoba produk di kelas VIII berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi RPP, angket dan LAS serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dinyatakan valid dengan nilai 95 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dinyatakan praktis dengan nilai 84. Dengan demikian pengembangan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) berbasis kontekstual pada materi sedekah, hibah dan hadiah, memenuhi aspek validitas dan praktikalitas