Penerapan metode demonstrasi melalui media audiovisual untuk meningkatkan keterampilan makharijul huruf siswa kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan

Main Author: Tambak, Nurul Imah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2617/1/15%20201%2000177.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2617/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini yaitu: guru memiliki peranan penting dalam pembelajaran disamping guru harus menguasai materi pelajaran, guru juga dituntut untuk mampu menguasai metode pengajaran sesuai materi yang diajarkan. Jika metode dalam pembelajaran tidak dikuasai, maka penyampaian materi ajar menjadi tidak maksimal, seperti yang terjadi di SMA N 3 guru kurang mampu dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan, dan masih sedikit siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75%. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan metode demonstrasi dan media audiovisual yang digunakan dalam pembelajaran PAI muatan lokal Baca Tulis Quran materi keterampilan makharijul huruf. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keterampilan makharijul huruf dan penerapan metode demonstrasi media audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ apakah dengan penerapan metode demonstrasi dan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan Makharijul huruf siswa kelas X di SMA N 3 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan Makharijul huruf siswa melalui penggunaan metode demosntrasi dan media audiovisual pada siswa kelas X di SMA N 3 Padangsidimpuan. Metodologi penelitian ini menggunakan PTK yaitu penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif deskriftif yaitu menggambarkan hasil penelitian sesuai yang diperoleh di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 3 Padangsidimpuan yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data ini berupa tes tindakan (performance test). Berdasarkan hasil penelitian terhadap siswa mealalui metode demonstrasi dan media audiovisual di kelas X SMA N 3 Padangsidimpuan, dengan menggunakan tes tindakan (performance test) diperoleh data bahwa terdapat peningkatan terhadap keterampilan makhraj siswa pada pelafalan dan ketepatan keluarnya makhraj. Keterampilan makhraj siswa mengalami peningkatan pada siklus I, II dan siklus III, yaitu jika pada kondisi awal, peningkatannya yaitu dari 24% menjadi 40% pada siklus I dari 25 siswa. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa dengan pembelajaran melalui penggunaan metode demonstrasi dan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan makharijul huruf siswa di kelas X SMA N 3 Padangsidimpuan.