Pengaruh modal inti dan modal pelengkap terhadap capital adequacy ratio (CAR) pada PT. BNI Syariah periode 2011-2018
Main Author: | Simatupang, Arjun Rivai |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2593/1/15%20401%2000187.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2593/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan data yang diperoleh dari laporan keuangan PT. BNI Syariah periode 2011-2018 terjadi peningkatan nilai CAR tidak sejalan dengan peningkatan modal tetapi adanya peningkatan CAR sedangkan modal mengalami penurunan pada tahun 2012, 2016 dan 2018. Penurunan nilai CAR tidak sejalan dengan penurunan modal tetapi adanya penurunan nilai CAR sedangkan modal mengalami peningkatan pada tahun 2017. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh variabel modal inti dan modal pelengkap secara parsial dan simultan terhadap CAR pada PT. BNI Syariah periode 2011-2018. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel modal inti dan modal pelengkap secara parsial dan simultan terhadap CAR pada PT. BNI Syariah periode 2011-2018. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan modal yaitu analisis laporan keuangan menggunakan rasio CAR. Teori-teori yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), modal inti dan modal pelengkap. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder dan bentuk time series dari tahun 2011 sampai 2018 sebanyak 32 sampel. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokolerasi), uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t, uji F) dan uji R2. Hasil penelitian secara parsial (uji t) modal inti tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap CAR yang dibuktikan dengan thitung < ttabel yaitu (1,296 < 2,045), dan modal pelengkap memiliki pengaruh negatif terhadap CAR yang dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu (-2,849> -2,045). Sedangkan secara simultan variabel modal inti dan modal pelengkap memiliki pengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap CAR dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu (4,060 > 3,33). R Square dalam penelitian ini sebesar 21,9 persen yang berarti bahwa variabel modal inti dan modal pelengkap mampu menjelaskan variabel CAR sebesar 21,9 persen dan sisanya sebesar 78,1 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.