Penggunaan media audio visual dalam upaya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas X-II MAN 1 Padangsidimpuan

Main Author: Ritonga, Ummi Kalsum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2566/1/13%20310%200240.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2566/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil Observasi dari awal, di kelas X-II MAN 1 Padangsidimpuan, peneliti mendapatkan data bahwa sebahagian besar nilai Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X-II tidak memuaskan, banyak siswa/i yang bosan dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam karena tidak ada hal baru yang membuat mereka menjadi semangat belajar hingga prestasi belajar siswa/I tidak memuaskan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan media Audio Visual (Infokus) di kelas X-II MAN 1 Padangsidimpuan, bagaimana memanfaatkan media infokus agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-II MAN 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti berkolaborasi dengan guru Sejarah Kebudayaan Islam, desainnya telah disusun sedemikian rupa kemudian dipraktikkan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam dan di amati oleh peneliti sendiri. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dengan menggunakan media infokus pada saat melaksanakan proses belajar mengajar, nilai siswa/i di kelas X-II MAN 1 Padangsidimpuan meningkat, berdasarkan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) siswa/I di kelas X-II MAN 1 Padangsidimpuan.