Pengaruh model pembelajaran think talk write terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Batahan Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Yanti, Ardika Oktosa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2546/1/14%20202%2000002.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2546/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah salah satu penyebab prestasi matematika siswa masih rendah adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep yang terdapat dalam matematika dan masih kurangnya disposisi matematika siswa dalam mengerjakan soal. Menggunakan model Think Talk Write memungkin seluruh siswa mengeluarkan ide-ide di belakang pemikirannya, membangun secara tepat untuk berpikir dan refleksi, mengorganisasi ide-ide, serta mengetes ide tersebut sebelum siswa diminta untuk menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa pada sistem persamaan linear tiga variabel si kelas X SMA N 1 Batahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non ekuivalen (untreated control group design with prestest anf postest). Populasi penelitian sebanyak 80 siswa. Sampel penelitian kelas X-1 bejumlah 25 siswa dan kelas X-2 berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay (uraian) dan angket.data yang terdapat di analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji persyaratan analisis. Analisis data dilakukan dengan chi-kuadrat, uji keasamaan varians dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t pemahaman konsep yang diperoleh yaitu thitung = 2,936 > ttabel = 2,021, sehingga terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha.. Hasil uji-t disposisi matematika menyatakan bahwa thitung = 5,0715 > ttabel = 2,060 dengan kata lain Ha diterima. Penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan model Think Talk Write terhadap pemahaman konsep dan disposisi matematika siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.