Efektivitas pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran Matematika di SMP N 2 Padangsidimpuan

Main Author: Wahyuni, Syamsia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2545/1/15%20202%2000006.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2545/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum 2013 masih belum berjalan secara maksimal disebabkan belum meratanya pelatihan yang diberikan kepada dewan guru tentang kurikulum 2013 dan kurangnya sarana dan prasarana yang diberikan oleh pihak sekolah. Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan masalah dan tujuan penelitian ini adalah untuk melihat (Bagaimana Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika di SMP N 2 Padangsidimpuan). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Penelitian kuantitatif ini tidak hanya terbatas terhadap pengumpulan data dan informasi tetapi dilanjutkan dengan pengelolaan dan analisis data. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 7 orang dan siswa kelas VIII sebanyak 350 orang. Sampel untuk guru sebanyak 7 orang dan untuk siswa sebanyak 55 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengungkap data efektivitas pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika adalah angket sebagai instrumen pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa kriteria efektivitas pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika untuk guru diperoleh 77% dan diinterpretasikan berada pada kelompok kuat/efektif dan kriteria efektivitas pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika untuk siswa diperoleh 76% dan diinterpretasikan berada pada kelompok kuat/efektif. Sehingga penulis menyimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di SMP N 2 Padangsimpuan mempunyai efektivitas yang Baik atau efektifnya pelaksanaan kurikulum 2013 dengan hasil 76,5 dengan katagori efektif.