Hubungan tingkat kecerdasan dan kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan
Main Author: | Lestari, Windi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2532/1/15%20202%2000070.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2532/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan awal peneliti yaitu prestasi belajar siswa yang tinggi. Kebiasaan belajar siswa yang beraneka ragam karakter dan kepribadian. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama apakah ada hubungan yang signifikan tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar matematika siswa. Yang kedua apakah ada hubungan yang signifikan hubungan kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa, dan yang ketiga adakah hubungan yang signifikan antara tingkat kecerdasan dan kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini yang pertama untuk mengetahui hubungan tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar matematika siswa. Yang kedua untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. Dan yang ketiga untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecerdasan dan kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ekspost-facto. Adapun populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 186 siswa, dan sampel yang diambil yaitu kelas VII-1 dengan jumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi yang mana data hasil ulangan harian dan data tes IQ. Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan metode analisis korelasi ganda product moment dan analisis regresi. Hasil rumusan pertama menunjukkan hubungan yang signifikan dari tingkat kecerdasan dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dengan rhitung > rtabel (0,448>0,423) dan memberikan kontribusi sebesar 20,07%. Hasil rumusan kedua menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dari kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dengan rhitung >rtabel (0,426>0,423) dan kontribusi sebesar 18,14%. Hasil rumusan ketiga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dari tingkat kecerdasan dan kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dengan rhitung > rtabel (0,5629>0,423) dan Fhitung > Ftabel (4,410>3,52) dan memberikan kontribusi sebesar 31,68%.