Peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi invers melalui penerapan model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Siabu Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Daulay, Abdul Pauzan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2530/1/15%20202%2000078.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2530/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penilitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi invers, siswa yang kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung, dan kurangnya rasa tanggung jawab terhadap pendapat yang disampaikannya sehinnga siswa terbiasa mencontek kepada siswa yang berkemampuan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa melalaui penerapan model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) di kelas X IPA 2 SMA N 1 Siabu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Siabu sebanyak 28 siswa terdiri dari 20 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Untuk mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan 2 instrumen yaitu tes dan observasi. Penelitian ini di laksanakan secara bersiklus dan tindakan akan dihentikan jika memperoleh ketuntasan maksimal 80% dari jumlah siswa yang tuntas belajar. Pada penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Siabu dengan rata-rata persentase siklus I pertemuan 1 59%, siklus I pertemuan 2 77%, dana siklus II pertemuan 1 81%. Model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Siabu dengan persentase pada siklus I pertemuan 1 sebesar 36%, siklus I pertemuan 2 sebesar 68 % dan siklus II pertemuan 1 Sebesar 82% sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi invers di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Siabu.