Pengaruh pengetahuan dan iklan terhadap minat menabung di Bank Syariah (studi kasus pada masyarakat Kelurahan Padang Matinggi Lestari Padangsidimpuan)
Main Author: | Siregar, Amalia Ulfa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2490/1/15%20401%2000023.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2490/ |
Daftar Isi:
- Perbankan Syariah merupakan sebuah lembaga yang berfungsi untuk menghimpun dana yang berlebih dari masyarakat, dan menyalurkannyakembali kepada masyarakat. Masyarakat pada Kelurahan Padang Matinggi Lestari merupakan mayoritas Muslim yang memiliki potensi dalam menggunakan Bank Syariah. Namun pada kenyataannya hanya sedikit masyarakat yang menggunakan Bank Syariah. Masyarakat pada umumnya memiliki pengalaman yang luas dibidang perbankan yang berbasis konvensional dan sedikit atau belum memahami produk, mekanisme, sistem, dan seluk–beluk bank syariah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pengetahuan dan iklan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah. Penelitian ini berkaitan dengan pengetahuan masyarakat mengenai perbankan syariah melalui pendidikan, media, keterpaparan informasi, pengetahuan ilmiah serta informasi-informasi yang diperoleh masyarakat melalui iklan perbankan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi dengan jumlah sampel 96 orang. Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, dan uji hipotetsis dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil persamaan penelitian: Y = 4,714 + 0,592(X1) + (-0,029)(X2) + e, dan nilai R square sebesar 0,568 artinya pengetahuan dan iklan mampu menjelaskan minat masyarakat sebesar 56,8 % sedangkan 43,2% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Pengetahuan berpengaruh secara parsial terhadap minat menabung dengan nilai thitung > ttabel (11,034> 1,6614). Iklan tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat menabung dengan nilai -thitung<ttabel (-0,851<1,6614). Variabel pengetahuan dan iklan berpengaruh secara simultan terhadap minat menabung masyarakat, dengan nilai Fhitung > Ftabel (61,056>3,09) atau nilai Sig. < 0,05 (0,000 < 0,05).