Pengaruh kepercayaan dan kemudahan menggunakan mobile banking terhadap minat nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk kantor cabang Padangsidimpuan

Main Author: Sari, Hotlina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2486/1/15%20401%2000286.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2486/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah dunia perbankan yang menghadirkan layanan yang berbasis teknologi yaitu mobile banking. Layanan mobile banking bertujuan supaya semakin meningkat minat nasabah untuk menggunakan mobile banking. Akan tetapi masih banyak nasabah yang bertransaksi secara manual dikarenakan kurangnya kepercayaan terhadap mobile banking. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepercayaan dan kemudahan menggunakan mobile banking terhadap minat nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonsia,Tbk kantor cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kemudahan menggunakan mobile banking terhadap minat nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonsia,Tbk kantor cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai minat nasabah, mobile banking, kepercayaan dan kemudahan. Kemudian pengaruh kepercayaan menggunakan mobile banking terhadap minat nasabah. Dan pengaruh kemudahan menggunakan mobile banking terhadap minat nasabah Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari nasabah pengguna mobile banking pada tahun 2018. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan jumlah sampel 94 nasabah. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 23. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas p-p plot, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel kepercayaan memiliki nilai thitung > ttabel = (9,809 > 1,661) artinya terdapat pengaruh kepercayaan menggunakan mobile banking terhadap minat nasabah. Kemudahan memiliki nilai thitung < ttabel = (-0,190 < 1,661) artinya tidak terdapat pengaruh kemudahan menggunakan mobile banking terhadap minat nasabah.Sedangkan secara simultan variabel kepercayaan nasabah memiliki pengaruh terhadap minat dengan hasil uji F menghasilkan Fhitung > Ftabel = 49,698 > 2,15. Dan untuk nilai signifikan sebesar 0,000 sehingga nilai signifikan < 0,1 (0,000 < 0,1) maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh kepercayaan dan kemudahan menggunakan mobile banking terhadap minat nasabah. Sedangkan uji determinasi R2 square variabel sebesar 52,2%yang dipengaruhi oleh variabel dalam penelitian ini sedangkan 47,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak cantumkan dalam penelitian ini.