Pengaruh inflasi terhadap minat nasabah menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan

Main Author: Putri, Silvia Tama
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2472/1/15%20401%2000203.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2472/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di lapangan minat nasabah dalam menabung di setiap tahun nya mengalami kenaikan ataupun penurunan. Banyak faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung. Salah satu faktor tersebut yaitu karena inflasi. Terjadinya inflasi akan mempengaruhi nasabah dalam menabung, karena apabila terjadi inflasi maka harga barang akan naik, dan jika itu terjadi nasabah yang berpenghasilan tetap akan mengalami kesulitan untuk menabung. Banyak faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung. Faktor tersebut yaitu, karena pelayanan, bagi hasil, keyakinan, kepuasan, lokasi, dan inflasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah inflasi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah dalam menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi peneliti berjumlah 25.995 orang. Penentuan sampel yang digunakan peneliti yaitu teknik sampling incidental dan berdasarkan perhitungan rumus slovin ditentukan jumlah sampel 44 orang dari 25.995 orang. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang dimana data yang dikumpulkan melalui angket (daftar pertanyaan), dan data sekunder yaitu data yang sudah tersedia di Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu angket, wawancara, dan observasi. Uji validitas, uji reliabilitas, analisis data, analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas), regresi linier sederhana, uji hipotesis (uji t, dan uji R2) menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,856 atau (85,6%) artinya variabel inflasi mempengaruhi variabel minat menabung sebesar 85,6% sedangkan sisanya sebesar 0,144 atau (14,4%) dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat pengaruh inflasi terhadap minat nasabah menabung dengan nilai thitung > ttabel atau (15,830 > 2,016).