Analisis perbandingan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen di Swalayan Aman dan Pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Andi Ramadan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/247/1/12%20230%200219.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/247/
Daftar Isi:
  • Pasar merupakan mata rantai yang menghubungkan antara produsen dan konsumen.Di dalam pasar terjadi pertemuan antara penjual dan pembeli, antara dunia usaha dan masyarakat.Pasar memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian moderen hal ini terjadi karena harga-harga terbentuk di pasar melalui mekanisme pasar.Pada dasarnya masyarakat mengenal dua jenis pasar yaitu pasar tradisional dan pasar moderen. Pasar tradisional adalah pasar yang pelaksanaannya bersifat tradisional, penjual dan pembeli bertemu dan terjadinya kesepakatan harga melalui proses tawar-menawar harga.Swalayan adalah pasar moderen tempat penjualan barang-barang eceran yang berskala besar dengan pelayanan yang bersifat self service kepemilikannya bisa dimiliki oleh satu orang atau lebih. Pasar tradisional banyak dijumpai di Kota Padangsidimpuan salah satunya adalah pasar Sangkumpal Bonang. Pasar ini terletak di pusat kota Padangsidimpuan, sehingga memudahkan pembeli untuk mencapai lokasi pasar transaksi di pasar ini terjadi secara langsung antara penjual dan pembeli. Beberapa tahun ini Padangsidimpuan mengalami perkembangan di berbagai hal salah satu diantaranya adalah perkembangan beberapa pasar moderen antara lain Aman Swalayan,hanya memiliki jarak 500 meter dari pasar Sangkumpal Bonang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan konsumen, penentuan perilaku konsumen,proses keputusan pembeli, keputusan pembelian konsumen, kepuasan pelanggan, harga, lokasi, dan produk. Dalam penulisan skripsi ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatifyaitu menggambarkan dan mengintrepretasikan objek penelitian secara apa adanya sesuai dengan hasil penelitian. Adapun isntrumen pengumpulan data melalui angket (kuesioner). Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh chi kuadrat hitung 26,913 > dari chi kuadrat tabel 5,591. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa keputusan konsumen di Aman Swalayan berbeda terhadap ketiga variabel bebas yaitu harga, lokasi dan produk. Adapun variabel lokasi berpengaruh besar terhadap keputusan konsumen sebesar 2,23 dan variabel harga berpengaruh kecil terhadap keputusan konsumen sebesar 1,55. Sedangkan chi kuadrat hitung 133,988> dari chi kuadrat tabel 5,591. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa keputusan konsumen di pasar Sagkumpal Bonang berbeda terhadap ketiga variabel bebas yaitu harga, lokasi dan produk.Adapun variabel lokasi berpengaruh besar terhadap keputusan konsumen sebesar 2,74 dan variabel produk berpengaruh kecil terhadap keputusan konsumen sebesar 1,04.