Program kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs YPKS Padangsidimpuan

Main Author: Agustina, Siti Urlan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2455/1/15%20201%2000028.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2455/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kemampuan membaca alQur’an siswa MTs YPKS Padangsidimpuan. Sedangkan mampu membaca alQur’an merupakan salah satu syarat lulus bagi siswa MTs YPKS Padangsidimpuan. Oleh karena itu, kepala sekolah mengadakan program membaca al-Qur’an agar dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa program yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa, bagaimana pelaksanaannya, bagaimana hasil pelaksanaan dan kendala dari pelaksanaan program meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di MTs YPKS Padangsidimpuan?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan subjek pendukung adalah guru Pendidikan Agama Islam serta siswa di MTs YPKS Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, program yang dilaksanaan oleh kepala sekolah yaitu program ektrakurikuler Darul Qur’an dan ektrakurikuler seni membaca al-Qur’an. Program Darul Qur’an bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang belum mampu membaca al-Qur’an. Sedangkan kegiatan seni membaca al-Qur’an dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang tilawah. Program Darul Qur’an dilakukan dua kali dalam satu minggu dibimbing oleh seluruh guru Pendidikan Agama Islam di MTs YPKS Padangsidimpuan, materi yang diajarkan yaitu pengenalan huruf dan belajar dengan menggunakan buku iqra’ dan kegiatan Seni membaca al-Qur’an dilaksanakan satu kali dalam satu minggu dengan mempelajari materi tilawah atau pengenalan jenis-jenis lagu dalam membaca al-Qur’an. Hasil program ini adalah, siswa yang tidak mampu membaca al-Qur’an dan mengenal huruf serta makharijul huruf, menjadi mampu membaca al-Qur’an, mengenal huruf, dan makharijul huruf. Siswa juga dapat mengembangkan kemampuan dibidang tilawah sampai memahami aturan-aturan dalam seni al-Qur’an. Kendala dalam pelaksanaan program ini terdapat pada siswa yang sering tidak menghadiri kegiatan ektrakurikuler, lemahnya kemampuan belajar yang dimiliki sebagian siswa, etika belajar yang kurang baik ketika belajar al-Qur’an dan kurangnya kemampuan dalam mendalami tilawah al-Qur’an.