Pengaruh penjualan terhadap laba kotor pada PT. Mahaka Media Tbk periode 2008-2015

Main Author: Wulandari, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/240/1/12%20230%200206.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/240/
Daftar Isi:
  • Laba yang diperoleh perusahaan terdiri dari dua macam yaitu laba kotor dan laba bersih, laba kotor merupakan laba yang diperoleh sebelum dikurangi biaya-biaya yang menjadi beban perusahaan. Analisis laba kotor dilakukan dengan membandingkan data aktual dengan data yang dianggarkan. Besar kecilnya perolehan laba kotor disebabkan dua faktor yaitu faktor penjualan dan faktor harga pokok penjualan, besar kecilnya hasil penjualan disebabkan oleh faktor harga jual dan kuantitas atau volume penjualan. Melalui laporan keuangan yang dipublikasikan PT. Mahaka Media Tbk bahwa pada posisi penjualan dan laba kotor terjadi fluktuasi pendapatan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penjualan terhadap laba kotor pada PT. Mahaka Media Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan terhadap laba kotor PT. Mahaka Media Tbk periode 20082015. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori penjualan yang membahas tentang jenis-jenis penjualan, tahapan-tahapan penjualan, dan teori laba kotor yang membahas mengenai analisis laba kotor, manfaat analisis laba kotor dan teori faktor-faktor yang mempengaruhi laba kotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif analisis deskriptif, penelitian yang dilakukan berdasarkan runtun waktu (time series). Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder, berupa data dokumentasi atau laporan yang telah tersedia, yaitu data laporan keuangan laporan laba rugi triwulan yang dipublikasikan oleh PT. Mahaka Media Tbk periode 2008-2015 melalui website resmi yaitu www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan komputer yaitu SPSS versi 22. Berdasarkan pengukuran regresi, maka persamaan regresi sederhana yang terbentuk adalah Laba Kotor = 13,852 + 0,362 penjualan + e. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 7,704 dan ttabel sebesar 1,697 sehingga thitung> ttabel maka H0 ditolak. Berdasarkan nilai signifikan ditunjukkan dengan nilai 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikan 0,05, kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penjualan terhadap laba kotor PT. Mahaka Media Tbk. Hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan R sebesar 0,815 dan R2 sebesar 0,664 atau 66,4% yang artinya bahwa variasi variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikat sebesar 66,4%. Sedangkan sisanya sebesar 33,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.