Pengaruh motivasi dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsS Al-Ikhlas Aekbotik Kabupaten Tapanuli Utara
Main Author: | Napitupulu, Mevaria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2381/1/14%20202%2000015.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2381/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi suatu fenomena bahwa adanya kesenjangan antara motivasi belajar dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsSAl-Ikhlas Aekbotik Kabupaten Tapanuli Utara. Banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa baik faktor dari luar maupun dari dalam diri siswa yang melatarbelakangi penelitian ini, khususnya masalah motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan fenomena kurangnya motivasi belajar ketika proses belajar-mengajar dan fenomena bahwa siswa pasif ketika proses belajar-mengajar menjadi faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Bertolak dari teori bahwa motivasi belajar akan mendorong siswa untuk mencapai kebutuhan dan tujuan. Begitu juga dengan gaya belajar kinestetik, dapat menjadikan siswa aktif dan pembelajaran lebih bermakana, kemudian siswa merasakan bahwa belajar menjadi suatu kebutuhan dan menyukai pelajaran matematika. Sehingga dengan adanya dorongan dalam diri siswa tersebut maka akan berpengaruh kepada hasil belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar matematika, (3) untuk mengetahui pengaruh motivasi dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII di MTsSAl-Ikhlas Aekbotik Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total Sampling. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan skala Likert dan Dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi product moment, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa : (1)hubungan motivasi dengan hasil belajar adalah hubungan cukup kuat dengan