Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Meneladani Ketaatan Malaikat- Malaikat Allah Swt Kelas VII di SMP Negeri 1 Angkola Timur

Main Author: Harahap, Meli Sartika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/235/1/1520100174.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/235/
ctrlnum 235
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/235/</relation><title>Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Meneladani Ketaatan Malaikat- Malaikat Allah Swt Kelas VII di SMP Negeri 1 Angkola Timur</title><creator>Harahap, Meli Sartika</creator><subject>130199 Education systems not elsewhere classified</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Angkola Timur. Peneliti memilih tempat ini karena berdasarkan observasi pra penelitian siswa SMP Negeri 1 Angkola Timur masih memiliki hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang rendah. Untuk itu perlu diberikan suatu pendekatan pembelajaran yang kemudian dapat menunjang hasil belajar peserta didik agar lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut &#x201C;Apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaiat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 1 Angkola Timur&#x201D;.&#xD; Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 1 AngkolaTimur.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dan kelas VII2 SMP Negeri 1 Angkola Timur. Kelas VII1 sebagai kelas eksprimen dengan menggunakan metode Jigsaw dan siswa kelas VII2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 25 soal berbentuk pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas terdapat 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,8048 dan termasuk kategori tinggi atau dengan kata lain instrument ini layak digunakan metode statistik uji&#x201D;t&#x201D;(uji beda).&#xD; Temuan hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan metode Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thutung&gt;ttabel yaitu 3.80&gt; 1.986 dengan taraf signifikan 0,05. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan pos-test kelas eksprimen yang menggunakan metode Jigsaw (nilai rata-rata 73,23) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah (nilai rata-rata 68.21). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah SWT kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Timur.</description><date>2019-08-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/235/1/1520100174.pdf</identifier><identifier> Harahap, Meli Sartika (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Meneladani Ketaatan Malaikat- Malaikat Allah Swt Kelas VII di SMP Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan. </identifier><recordID>235</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Harahap, Meli Sartika
title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Meneladani Ketaatan Malaikat- Malaikat Allah Swt Kelas VII di SMP Negeri 1 Angkola Timur
publishDate 2019
isbn 9781520100173
topic 130199 Education systems not elsewhere classified
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/235/1/1520100174.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/235/
contents Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Angkola Timur. Peneliti memilih tempat ini karena berdasarkan observasi pra penelitian siswa SMP Negeri 1 Angkola Timur masih memiliki hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang rendah. Untuk itu perlu diberikan suatu pendekatan pembelajaran yang kemudian dapat menunjang hasil belajar peserta didik agar lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut “Apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaiat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 1 Angkola Timur”. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 1 AngkolaTimur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII1 dan kelas VII2 SMP Negeri 1 Angkola Timur. Kelas VII1 sebagai kelas eksprimen dengan menggunakan metode Jigsaw dan siswa kelas VII2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 25 soal berbentuk pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas terdapat 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,8048 dan termasuk kategori tinggi atau dengan kata lain instrument ini layak digunakan metode statistik uji”t”(uji beda). Temuan hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan metode Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thutung>ttabel yaitu 3.80> 1.986 dengan taraf signifikan 0,05. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan pos-test kelas eksprimen yang menggunakan metode Jigsaw (nilai rata-rata 73,23) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah (nilai rata-rata 68.21). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah SWT kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Timur.
id IOS14688.235
institution IAIN Padangsidimpuan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 513
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan
library_id 57
collection E-Theses IAIN Padangsidimpuan
repository_id 14688
city KOTA PADANG SIDIMPUAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS14688
first_indexed 2020-11-08T06:22:09Z
last_indexed 2022-06-11T08:56:16Z
recordtype dc
_version_ 1735329431377936384
score 17.538404