Faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli gas elpiji (studi kasus ibu rumah tangga lingkungan I Kelurahan Ujung Padang Kota Padangsidimpuan)
Main Author: | Nasution, Haulil Khodijah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2339/1/14%20402%2000104.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2339/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah Meningkatnya pengguna Gas Elpiji dimasyarakat luas, disebabkan tingkat kehidupan masyarakat yang semakin meningkat, maka kebutuhan masyarakat terhadap barang juga akan semakin meningkat. Tingkat kepuasan konsumen sangat tergantung pada mutu suatu produk dan harga terjangkau. Ada beberapa masyarakat merasa tidak puas disebabkan rasa takut dan khawatir terjadi kebocoran dan mengakibatkan kebakaran dalam menggunakan gas elpiji. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Manajemen Bisnis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepuasan konsumen, kualitas produk dan harga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jumlah populasi 369 responden dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 79 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling. Analisis data regresi linear berganda dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil penelitian menyatakan bahwa Nilai R square sebesar 0,298 atau 29,8% menunjukkan kualitas produk dan harga mempengaruhi kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen sebesar 29,8%, dan sisanya 70,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Variabel kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,599 > 1,665). Variabel Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung < ttabel (-1,734 < 1,665) sebab harga gas elpiji meningkat bahkan tidak tetap ini akan menyebabkan ketidakpuasan konsumen. semakin harga turun kepuasan konsumen akan meningkat, sebaliknya semakin harga naik kepuasan konsumen akan semakin menurun. Berdasarkan hasil uji secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (16,142 > 2,37), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli gas elpiji (studi kasus ibu rumah lingkungan 1 Kelurahan Ujung Padang Kota Padangsidimpuan).