Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan di kelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan

Main Author: Pane, Endang Agustina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2336/1/14%20202%2000085.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2336/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yaitu kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, kesulitan ini antara lain diakibatkan dari beberapa permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal berbentuk cerita terutama materi himpunan, karena materi himpunan adalah materi yang berkaitan dengan matapelajaran relasi dan fungsi. Jika siswa tidak dapat menjawab soal himpunan bagaimana mungkin siswa dapat menjawab soal relasi dan fungsi. Namun perlu disadari bukan hanya faktor peserta saja yang mengakibatkannya bisa saja faktor-faktor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada soal cerita materi himpunan, pada bagian mana siswa banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, faktor apa yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpuna kesulitan siswa dalam menyalesaikan materi himpunan di kelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data dikumpulkan menggunakan tes dan wawancara yang dilaksanakan di SMP N 5 Padangsidimpuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan. Berdasarkan tes dan wawancara, siswa mempunyai kesalahan yaitu dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan. Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran hasil belajar siswa memusat pada 69,9, yang berarti nilai siswa berada dibawah KKM. Dalam hal ini siswa banyak melakukan kesalahan pada bagian mengubah soal kedalam bentuk diagram venn sehingga pada saat proses perhitungan siswa tidak dapat menyelesaikannya. Faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal seperti: minat belajar siswa yang rendah, kesiapan siswa dalam belajar dalam belajar, dan tidak adanya motivasi. Faktor eksternal seperti: fasilitas sekolah kurang memadai, teman-teman yang tidak mendukung dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang tidak menyenangkan, kurangnya guru dalam memberi contoh pada pembelajaran