Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Kartini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/233/1/1520100166.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/233/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini menjelaskan tentang problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan, dan apa saja problematika dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah yang diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA negeri 6 Padangsidimpuan serta mengetahui problematika dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan studi dokumen. Kemudian tehnik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, deskriptif data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum 2013 ini belum maksimal terlaksana, karena di sekolah SMA Negeri 6 Padangsidimpuan tidak semua guru sudah memahami Kurikulum 2013 masih sebagian guru yang memahami, jadi guru yang belum memahami Kurikulum 2013 seperti hal inilah yang menjadi problematika penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Adapun problematika yang dimaksud adalah sebagai berikut: kurangnya pelatihan dalam menerapkan kurikulum 2013, sebab faktor usia, ketidaksesuaian dalam menggunakan buku paket kurikulum 2013 dengan apa yang diajarkan di ruangan, kurang pengaplikasian terhadap RPP yang yang telah dibuat sebelum proses pembelajaran dimulai.