Strategi guru dalam pembinaan karakter siswa di SMA Negeri 1 Dolok Kecamatan Dolok Kabupaten Paluta
Main Author: | Lubis, Dewi Sartika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2328/1/14%20201%2000002.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2328/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dalam penelitian ini adalah berawal dari semakin banyaknya siswa yang tidak berkarakter. Krisis karakter sudah menjadi hal biasa dan mudah dijumpai dikalangan siswa. Maka muncul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana gambaran Karakter siswa, strategi apa yang digunakan guru dalam pembinaan karakter siswa. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan penelitian adalah: untuk menggambarkan karakter siswa, dan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru dalam pembinaan karakter siswa. Dan kegunaan penelitian ini sebagai bahan masukan kepada kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan kinerja guru dan kualitas mengajar di SMA Negeri 1 Dolok. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi yang digunakan oleh guru dalam pembinaan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena dan menganalisis dengan menggunakan logika ilmiah. Intrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara.Sumber data yang diambil adalah guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) karaktersiswa di SMA Negeri 1 Dolok memiliki tampilan karakter yang tampak pada keseharian siswa yaitu: (a). karakter siswa yang berkaitan dengan kepribadiannya sendiri, siswa tidak jujur dan tidak menampilakan sikap bertanggung jawab, siswa sering ketahuan mencontek saat ujian. (b). karakter siswa yang menampilkan hubungannya dengan lingkungan, yaitu: siswa belum sadarakan kebersihan lingkungan sekolah. 2) startegi guru dalam pembinaan karakter siswa sebagai berikut: (a) pembinaan karakter siswa melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan rutin, keteladanan, ganjaran dan hukuman.(b) pembinaan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Keagamaan, kesiswaan, olahraga, pramuka, osis, dan olimpiade.