Analisis kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V SDN 105 Adianjior Kecamatan Panyabungan

Main Author: Sari, Riski
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2325/1/12%20330%200081.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2325/
Daftar Isi:
  • Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah mengenai analisis kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V SDN 105 Adianjior, latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat dilihat dari tes, wawancara. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa mampu dalam memahami konsep-konsep operasi hitung bilangan bulat. Adapun yang mempengaruhi kemampuan siswa serta upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi ketidakmampuan pemahaman konsep dan menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data, wawancara dan tes. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara kualitatif deskriptif. Selain itu penelitian ini memiliki sumber data primer yaitu siswa kelas V SDN 105 Adianjior. Dan sumber data sekunder yaitu wali kelas V, kepala sekolah dan beberapa orang guru yang pernah menjadi guru kelas V SDN 105 Adianjior. Adapun masalah siswa dalam kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat adalah siswa tidak dapat memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat. Tidak dapat memahami langkah-langkah penyelesaian, tidak dapat mengoperasikan bilangan bulat serta sifat-sifat dari operasi hitung bilangan bulat.. Sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam menjawab soal operasi hitung bilangan bulat adalah siswa tidak mampu menentukan unsur-unsur yang diketahui sehinggga tidak mengetahui permasalahan yang akan diselesaikan dalam soal, dan tidak mampu membuat model matematika sehingga tidak tahu cara menyelesaikannya. Adapun yang mempengaruhi kurangnya kemampuan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat adalah kurangnya penanaman konsep dari awal, penggunaan metode yang kurang tepat dalam menyampaikan materi, kurangnya media pembelajaran, kurangnya minat dan motivasi dari diri siswa, serta keadaan ekonomi sebagian orang tua yang kurang memadai. Dan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep operasi hitung bilangan bulat dan menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat adalah dengan mendisiplinkan siswa, memberikan latihan yang cukup, menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta menggunakan metode yang bervariasi dan menggunakan alat peraga sesuai materi pada setiap pembelajaran.