Persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL program studi tadris/pendidikan matematika IAIN Padangsidimpuan di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan tahun akademik 2017-2018

Main Author: Siregar, Tukar Efendi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2298/1/14%20202%2000168.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2298/
Daftar Isi:
  • Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah Banyaknya persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar yang diterapkan mahasiswa PPL dalam pembelajaran. Salah satu persepsi siswa mengatakan bahwa mahasiswa PPL kurang tegas dan enggan memberi peringatan atau teguran kepada siswa. Siswa lain juga menyebutkan bahwa mahasiswa PPL masih kurang dalam penguasaan materi, sehingga mahasiswa PPL belum dapat mengembangkan materi yang diajarkan kepada siswa dengan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh siswa. Mahasiswa PPL belum dapat mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari dan mahasiswa dinilai mengajar terlalu cepat dalam menjelaskan, menggunakan bahasa yang sulit dipahami serta susunan kata yang kurang tepat. Mahasiswa hanya terpaku pada buku, sehingga siswa kurang tertarik karena merasa pembelajaran monoton dan kurang bervariasi. Hal ini tentunya tidak sesuai dengan keterampilan yang harus dimiliki guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan Tahun Akademik 2018. Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriftif yaitu penelitian yang di maksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal lain-lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Sumber datanya menggunakan data primer yaitu siswa dan kepala sekolah. Data yang dibutuhkan adalah wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah keterampilan mengajar mahasiswa PPL Program Studi Tadris Matematika dikatakan baik karena telah mengaplikasikan komponenkomponen keterampilan dasar mengajar, akan tetapi masih ada dua keterampilan yang belum terampil atau kurang terlaksana yaitu diketarmpilan menjelaskan pada bagian kejelasan kalimat dan keterampilan mengelola kelas. Mahasiswa masih kurang mampu dalam mengkondusifkan kondisi ruangan.