Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan micro teaching mahasiswa pendidikan/tadris matematika IAIN Padangsidimpuan tahun ajaran 2016/2017

Main Author: Harahap, Maimarista
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2296/1/14%20202%2000144.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2296/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah adanya ragam persepsi mahasiswa yang telah melaksanakan pembelajaran micro teaching. Persepsi tersebut adalah ada yang cenderung berpendapat positif dan ada yang negatif terhadap pelaksanaan micro teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap metode dosen micro teaching dalam menguatkan kompetensi keguruan mahasiswa, perencanaan/persiapan mengajar micro, dan peraktik mengajar micro mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan angket terbuka dalam mengumpulkan data. Adapun subyek penelitian ini mahasiswa aktif yang telah mengikuti pembelajaran micro teaching Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Pendidikan Matematika Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan tahun ajaran 2016/2017 Kesimpulan Penelitian ini adalah sebagai berikut, Pertama Berdasarkan kriteria pencapaian pelaksanaan micro teahing 81-100% mahasiswa yang berpendapat bahwa metode dosen pembimbing dalam nengelola peroses belajar mengajar dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa baik. Hal ini menunjukkaan bahwa metode dosen pembimbing dalam menguatkan kompetensi keguruan mahasiswa adalah sangat baaik. Kedua Berdasarkan kriteria pencapaian pelaksanaan micro teahing 61-80% mahasiswa berpendapat bahwa persiapan/perencanaan mengajar micro teaching mahasiswa sebelum peraktek micro adalah baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa mahasiswa telah mempersiapkan diri sebelum peraktek micro teaching dengan baik. Ketiga Berdasarkan kriteria pencapaian pelaksanaan micro teahing bahwa 61-61-80% mahasiswa berpendapat Peraktek mengajar micro teaching yang dilakukan mahasiswa sudah terlaksana dengan baik