Peningkatan hasil belajar matematika materi komposisi fungsi melalui penerapan metode pembelajaran tutor sebaya siswa kelas X MIA-2 SMA Negeri 1 Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Siregar, Roisah Hotma Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2291/1/14%20202%2000024.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2291/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya apa yang tidak diketahuinya. Sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya agar siswa lebih bebas bertanya apa yang tidak diketahuinya dan hasil belajar siswa diharapkan juga meningkat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dalam materi komposisi fungsi di kelas X MIA-2 SMA Negeri 1 Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Dengan subjek penelitian kelas X MIA-2 yang berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya meningkat. Hasil belajar matematika mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 58,58 dengan persentase ketuntasan 46,42%. Pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata 60,71 dengan persentase ketuntasan 60,71%. Hasil belajar pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan 71,42%. Hasil belajar pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata 76,11 dengan persentase ketuntasan 78,57% menunjukkan hasil belajar siswa tinggi