Pengaruh strategi pemasaran simpanan haji terhadap minat nasabah di PT. Bank Sumut Syariah KCP Panyabungan
Main Author: | Rosinar, Rosinar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2285/1/12%20220%200168.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2285/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang pengangkatan judul ini adalah kurangnya sosialisasi atau promosi yang dilakukan pihak Bank SUMUT Syariah KCP Panyabungan khususnya mengenai simpanan haji. Jumlah nasabah simpanan haji pada PT. Bank SUMUT Syariah KCP Panyabungan periode 2012 sampai dengan 2016 sebanyak 92 nasabah. Jumlah nasabah memilih simpanan haji pada PT. Bank SUMUT Syariah KCP Panyabungan mengalami peningkatan pada tahun 2013 sebanyak 280 nasabah dan penurunan pada tahun 2014 sebanyak 175 nasabah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah product, price, place, promotion, people, physical evidence, process berpengaruh terhadap minat nasabah di PT. Bank SUMUT Syariah KCP Panyabungan, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product, price, place, promotion, people, physical evidence, process terhadap minat nasabah di PT. Bank SUMUT Syariah KCP Panyabungan. Pembahasan ini berkaitan dengan ilmu pemasaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perbankan syariah, perilaku konsumen, strategi pemasaran Bank Syariah dan minat nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dengan sampel 92 nasabah. Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial product berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,889 > 1,662), kemudian secara parsial price berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,268 > 1,662), kemudian secara parsial place berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,403 > 1,662), kemudian secara parsial promotion berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (1,897 > 1,662), kemudian secara parsial people berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (3,275 > 1,662), kemudian secara parsial physical evidence berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (1,979 > 1,662), kemudian secara parsial process berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (1,911 > 1,662). Secara simultan product, price, place, promotion, people, physical evidence, process berpengaruh terhadap minat nasabah di PT. Bank SUMUT Syariah KCP Panyabungan, dengan nilai Fhitung > Ftabel (10,794 > 2,71), dengan nilai Adjusted R2 dalam penelitian ini sebesar 43% dan sisanya 57% dipengaruhi oleh faktor lain.