Pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok aritmatika sosial di kelas VII MTS YPKS Padangsidimpuan

Main Author: Rambe, Elisa Handayani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2273/1/14%20202%2000043.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2273/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan yang dilatarbelakangi oleh adanya faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa, dimana kecerdasan emosional siswa rendah dan siswa tidak dapat memahami serta memberdayakan gaya belajar yang dimilikinya sehingga hasil belajar matematika siswa rendah. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan gaya belajar sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan yang berjumlah 125 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang. Teknik pengumpuln data menggunakan angket dan tes. Berdasarkan uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal. Pengujian uji t diperoleh uji regresi sederhana pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar thitung > ttabel (3,218 > 1,993) dan signifikansi < 0,05 (0,002 < 0,05), jadi ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar dengan persentase sumbangan 12,4% dan uji regresi sederhana pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar thitung > ttabel (3,632 >1,993) dan signifikan < 0,05 (0,001 < 0,05), jadi ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar dengan persentase sumbangan 15,3%. Pengujian uji F diperoleh uji regresi berganda pengaruh kecerdasan emosional dan gaya belajar terhadap hasil belajar yang menunjukkan Fhitung > Ftabel (7,889 > 3,124) dan signifikansi < 0,05 (0,001< 0,05). Jadi kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan dengan persentase sumbangan 18,0%.