Pengaruh strategi pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 200507 Pijorkoling Padangsidimpuan
Main Author: | Siregar, Siti Aminah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2264/1/14%20202%2000119.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2264/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pokok bahasan operasi pada pecahan siswa kelas V SD Negeri 2005007 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh strategi Bamboo Dancing terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 2005007 Pijorkoling Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Bamboo Dancing terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 2005007 Pijorkoling Padangsidimpuan. Adapun kegunaan penelitian ini dapat dilihat dari segi teoritis dan dilihat dari segi praktis. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan hakikat pembelajaran dan pembelajaran, hakikat pembelajaran matematika, strategi pembelajaran Bamboo Dancing, hakikat hasil belajar dan pecahan (aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non ekivalen (untreated Control group design with pretes and posttes). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang tediri dari dua kelas yaitu VA dan VB yang berjumlah 48 orang. Sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 24 orang dan kelas kontrol dengan 24 orang siawa-siswi SD Negeri Pijorkoling Padangsidimpuan. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan rumus Chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normalitas dan homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 11,111, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,317. Sehingga didapatkan thitung > ttabel ( 11,111 > 1,317 ), artinya hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu terdapat pengaruh penggunaan strategi Bamboo Dancing terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 2005007 Pijorkoling Padangsidimpuan.