Pengembangan lintasan belajar siswa dalam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan kontekstual di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan
Main Author: | Wasilah, Ummu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2257/1/14%20202%2000074.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2257/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini di latarbelakangi oleh ketidakpahaman siswa terhadap konsep operasi hitung bilangan bulat. Selain itu guru kurang memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep operasi hitung bilangan bulat. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memamfaatkan aktivitas pembelajaran melalui pendekatan kontesktual yang beraitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan adanya pengalaman nyata yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran, maka diharapkan siswa lebih mudah mengingat dan memahami konsep operas hitung bilangan bulat sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas dan praktikalitas learning trajectory melalui pendekatan kontekstual pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas learning trajectory dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan untuk mengembangkan local instruction theory (LIT) dengan kerja sama antara peneliti dengan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan dengan subjek uji coba produk di kelas VII, berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan adat yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan lembar observasi dan pedoman wawancara serta menggunakan teknik analisis validasi dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lerning trajectory dengan pendekatan konstektual dikatakan valid dan praktis. ke validan learning trajectory ditunjukkan dengan nilai 81 dari analisis 3 validator. Dan dinyatakan praktis oleh nilai 88