Pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap pemahaman konsep himpunan pada siswa kelas VII MTsN Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Suraidah, Suraidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2255/1/14%20202%2000072.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2255/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Panyabungan. Peneliti mendapatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika pada materi himpunan dan guru belum pernah menggunakan model pembelajaran examples non examples. Ada siswa yang bisa menyatakan ulang sebuah konsep serta memberikan contoh-contohnya. Ada siswa yang yang hanya dapat menyatakan ulang sebuah konsep himpunan tapi tidak bisa memberikan contoh-contohnya, bahkan ada siswa yang tidak mampu sama sekali menyatakan ulang sebuah konsep serta memberikan contoh-contohnya. Kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematika materi himpunan sangat beragam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran examples non examples terhadap pemahaman konsep matematika pada materi himpunan siswa kelas VII MTsN Panyabungan? Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan model pembelajaran dalam memahami konsep himpunan pada pokok bahasan menyatakan himpunan dan diagram Venn. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 337 siswa. Karena populasi di atas 100 maka peneliti mengambil sebagian populasi dan menjadikan sebagai sampel yaitu kelas VII-B dan VII-C. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes. Pretes sebanyak 10 soal yang diberikan kepada 64 orang untuk menguji kemampuan siswa sebelum dilakukan perlakuan sedangkan postest sebanyak 10 soal yang diberikan kepada 64 orang untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan uji hipotesisnya dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model pembelajaran examples non examples terhadap pemahaman konsep matematika pada materi himpunan di kelas VII MTsN Panyabungan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil . Setelah diperoleh kemudian dikonsultasikan ke sebesar 1, 669. Dengan demikian diperoleh yaitu 1, 669 Dari hasil pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa variabel X memiliki kontribusi terhadap variabel Y dan variabel X memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y.