Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran langsung menggunakan dadu terhadap hasil belajar matematika materi pokok peluang di kelas VIII MTsN Pasar Purbabangun
Main Author: | Siregar, Lisna Hati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2253/1/14%20202%2000055.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2253/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran disebabkan kurangnya penggunaan media danstrategi dalam prosses pembelajaran. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan pengunaan media dadu agar siswa lebih memahami materi yang diajarkan selama proses belajar mengajar berlangsung dan hasil belajar siswa juga meningkat.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran langsung dengan media dadu terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok peluang di kelas VIII MTsN Pasar Purbabangun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran langsung menggunakan dadu terhadap hasil belajar matematika materi pokok peluang di kelas VIII MTsN Pasar Purbabangun. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksprimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTsN Pasar Purbabangun tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 6 kelas sebanyak 178 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi itu yaitu kelas VIII5 sebanyak 31 siswa dan kelas VIII6 sebanyak 31 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes. sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Dari hasil pengujian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pada posttest yaitu 84,697 lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol yaitu 75,009. Sedangkan hasil uji-t diperoleh yaitu 12,150 > 1,671 yang menunjukkan diterima dan ditolak. Yaitu terdapat pengaruh signifikan Penggunaan penggunaan strategi pembelajaran langsung menggunakan dadu terhadap hasil belajar matematika materi pokok peluang di kelas VIII MTsN Pasar Purbabangun.