Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan

Main Author: Ritonga, Aidul Safitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2226/1/15%20201%2000048.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2226/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena kegiatan belajar mengajar Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Padangsidimpuan yang terlalu monoton. Dokumen RPP menunjukkan guru selalu menerapkan metode ceramah dan guru kurang memberikan motivasi dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dan bersemangat dalam kegiatan pembelajaran, hal ini tentu juga memberi dampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa yang tidak mencapai KKM. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadis. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD menjadi model pembelajaran yang peneliti pilih untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS-1 dengan jumlah 36 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes, dan analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik dan menggunakan program SPSS 170 dan deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa motivasi dan hasil belajar dapat meningkat dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil angket dan tes yang diberikan peneliti. Nilai rata-rata angket belajar siswa siklus I 44,88, siklus II 46,83, siklus III 49,02 sedangkan pada aspek hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I 63,88%, siklus II 77,77 dan siklus III 88,88%. Dengan demikian terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklus.