Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB) Negeri Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Gultom, Ayu Rahayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/214/1/14%20201%2000120.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/214/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi masalah bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMPLB Negeri Angkola Timur tidak memiliki latar belakang belakang Pendidikan Agama Islam. Sehingga guru Pendidikan Agama Islam tidak menguasai materi keagamaan secara penuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB Negeri Angkola Timur, apa kendala yang dihadapi, dan bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB Negeri Angkola Timur. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB Negeri Angkola Timur, untuk mengetahui kendala yang dihadapi, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB Negeri Angkola Timur. Serta kegunaan penelitian ini adalah secara teoritis untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan terutama pendidikan untuk anak yang memiliki keterbatasan. dan untuk pengembangan keilmuan khususunya dibidang pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sementara secara praktis sebagai bahan perbandingan bagi sekolah yang lain yang berkaitan dengan Sekolah Luar Biasa. dan sebagai bahan informasi dan bahan masukan bagi para peneliti selanjutnya yang mengkaji masalah yang sama. Teori yang dibahas adalah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi pengertian pelaksanaan pembelajaran, pendidikan Agama Islam, ruang lingkup Pendidikan Agama Islam dan komponen pembelajaran, serta Anak Berkebutuhan Khusus yang meliputi pengertian, jenis-jenis hambatan dan prinsip dalam mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilaksanakan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus dilakukan dengan menggunakan metode dan media yang sesuai dengan jenis hambatan yang dimiliki anak, evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dan evaluasi sumatif.