Efektivitas pembelajaran Bahasa Arab di MTsS Syariful Hidayah Desa Batang Gogar Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan TP 2014/2015

Main Author: Hasibuan, Uswaini Zahara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2096/1/11%20310%2000227.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2096/
Daftar Isi:
  • Tidak terlepas dari masalah yang dihadapi, diantaranya kurangnya keseriusan siswa-siswi dalam mengikuti pembelajaran, pendikteandan penghapalan bahasa Arab. Dari rumusan masalah ada dua poin yang harus dituntaskan yaitu bagaimana metodologi yang diberikan guru dan bagaimana efektivitas yang dilakukan guru. Jadi tujuan penelitiannya untuk mengetahui metodologi pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan kegunaan penelitian salah satunya adalah untuk mencapai gelar sarjana Pendidikan Agama Islam. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu bahasa Arab. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan, pengertian pembelajaran bahasa Arab, tujuan pembelajaran bahasa Arab, unsur-unsur pemebelajaran bahasa Arab, dan efektivitas pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif pada guru bahasa Arab dan siswa-sisiwi di MTsS Syariful Hidayah, tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik: Sumber data,tekhnik pengumpulan data, tekhnik pengolahan dan analisa data, dan tekhnik menjamin keabsahan data. Pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di MTsS Syariful Hidayah belum efektif. Dilihat dari metodologi pembelajaran bahasa Arab sampai efektivitas pembelajaran bahasa Arab seperti metode muhadtsah yaitu metode untuk membiasakan murid-murid bercakap-cakap yang fasih, metode mahfuzat yaitu metode untuk menghafal, metode imla’ yaitu metode untuk melatih murid untuk menulis kata-kata dengan benar, dan metode mutala’ah yaitu metode untuk membaca. Jadi dari beberapa metode di atas masih kurang pengawasan dari guru bahasa Arab itu sendiri.