Pengaruh model collaborative learning dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. N 1 Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Yuslina Rizki
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2068/1/123300137.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2068/
Daftar Isi:
  • Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah rendahnya kecerdasan emosional siswa diakibatkan kurangnya perhatian orangtua dan penguatan yang diberikan oleh guru dan kurangnya variasi model pembelajaran yang dimiliki guru dalam menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model collaborative learning terhadap hasil belajar matematika siswa, untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh model collaborative learning dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs. N 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis kuantitatif, yakni memberikan gambaran mengenai ketiga variabel tersebut serta pengaruh antar masing-masing variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. N 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 438 orang, sedangkan sampel penelitian berjumlah 44 orang. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisa data menggunakan rumus korelasi ganda dan regresi ganda, dan dilanjutkan dengan uji signifikan antar faktor yang menggunakan rumus t dan dilanjutkan uji signifikan secara bersamaan dengan menggunakan rumus F untuk melihat sejauh mana pengaruh antar masing-masing variabel tersebut. Penjaringan data dilakukan dengan angket dan tes untuk mendapatkan data mengenai pengaruh model collaborative learning dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa. Perhitungan terhadap ketiga variabel diperoleh nilai rata-rata variabel X1 (model collaborative learning) yaitu 55,7; X2 (kecerdasan emosional) yaitu 54,2; dan variabel Y (hasil belajar matematika siswa) yaitu 79,3. Berdasarkan perhitungan diketahui secara bersamaan ketiga variabel diperoleh korelasi sebesar 0,859 kemudian Fhitung sebesar 57,71 dan Ftabel 3,23 ternyata Fhitung > dari Ftabel, maka hipotesis diterima / disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Model collaborative learning dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika kelas VIII MTs. N 1 Padangsidimpuan.