Upaya guru dalam meningkatkan ketuntasan belajar pada bidang studi pendidikan agama Islam di SD Negeri 200306 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua

Main Author: Mustrida, Mustrida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2038/1/11%20310%200206.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2038/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul Upaya Guru dalam Meningkatkan Ketuntasan Belajar Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 200306 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua sudah memenuhi kriteria ketuntasan, ini dapat dilihat dari hasil yang ditemukan peneliti, bahwa tingkat ketuntasan siswa memperoleh nilai 75 %. Dan kriteria ketuntasan minimal di SD tersebut ditetapkan dengan angka 75%. Yang melatar belakangi oleh tidak tepatnya metode yang digunakan guru pada materi tersebut, alokasi waktu Pendidikan Agama Islam yang sangat minim, kurangnya buku paket, kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana ketuntasan belajar Pendidikan Agama Islam yang sudah ada di SD Negeri 200306 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Apa faktor yang mempengaruhi ketuntasan belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 200306 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, apa upaya guru agama dalam meningkatkan ketuntasan belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 200306 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar Pendidikan Agama Islam yang sudah ada di SD Negeri 200306 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, untuk mengetahui apa faktor yang mempengaruhi ketuntasan belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 200306 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, untuk mengetahui apa upaya guru agama dalam meningkatkan ketuntasan belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 200306 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu menggambarkan sesuatu yang terjadi di lapangan pada masa sekarang, untuk mengumpulkan data digunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri atas observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa ketuntasan belajar Pendidikan Agama Islam yang sudah ada di SD tersebut sudah memenuhi kriteria ketuntasan, ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan guru sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) di SD tersebut. Faktor yang mempengaruhinya yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Upaya yang dilakukan guru agama dalam meningkatkan ketuntasan belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dapat dilihat dari tiga aspek yaitu: afektif, kognitif dan psikomotorik.