Pengaruh pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMK N 4 Padangsidimpuan
Main Author: | Hasibuan, Syawaluddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1986/1/09%20310%200113.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1986/ |
Daftar Isi:
- as. Secara idealitas Pendidikan Agama Islam dalam upaya mewujudkan karakter siswa telah diterapkan, baik di lingkungan sekolah maupun keluarga, namun realitasnya masih banyak siswa yang tidak mencerminkan karakter yang sesuai dengan apa yang diterapkan oleh pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMK N 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pelaksanaan pendidikan agama Islam di SMK N 4 Padangsidimpuan, untuk mengetahui kondisi karakter siswa di SMK N 4 Padangsidimpuan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan agama Islam (variabel X) terhadap pembentukan karakter siswa (variabel Y) pada kelas II di SMK N 4 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan agama Islam dan pendidikan karakter, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam, karakter dan anak didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan inferensial. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian ini maka diperoleh hasil bahwa pendidikan agama Islam di SMK N 4 Padangsidimpuan pada kategori sangat baik yaitu pada 91,17% berdasarkan kriteria penilaian pendidikan agama Islam berada pada 81%-100%.Pembentukan karakter siswa mencapai 86,72% skor tersebut berada pada 81%-100%. Pendidikan agama Islam mempunyai pengaruh terhadap pembentukan karakter siswa di SMK N 4 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan KP yang hasilnya 36,97%. Serta ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMK N 4 Padangsidimpuan berdasarkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,608 dan didistribusikan ke rumus uji t yang diperoleh hasil thitung= 4,05 bila dibandingkan dengan ttabel sebesar 1,701. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel terlihat bahwa thitung > ttabel atau 4,05 > 1,701. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMK N 4 Padangsidimpuan.