Metode dan nilai pendidikan Islam dalam perspektif Al-Qur’an (studi terhadap surat Luqman ayat 13-19)
Main Author: | Harahap, Husin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1984/1/07%20310%200164.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1984/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini Berjudul “METODE DAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (STUDI TERHADAP SURAT LUQMAN AYAT 13-19)”. Dari judul tersebut muncul permasalahan bagaimanakah metode luqman dalam mendidik anaknya dan nilai pendidikan islam apa yang terkandung dalam surat luqman ayat 13-19. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (Library Research) penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriftif maka langkah yang digunakan dalam mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan masalah penelitian ini adalah berupa naskah-naskah, buku-buku tafsir atau majalah-majalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Serta Al-Qur’an.Al-karim Dari pembahasan yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa metode yang digunakan lugman dalam mendidik anak nya adalah metode hikmah dan maui’zhatil hsanah.Dan adapun nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam suarat luqman tesebut meliputi 3 apek yaitu: Aspek pendidikan Aqidah ,Aspek pendidikan Ibadah dan aspek pendidikan Akhlak. Dan bila dijabarkan sebagai berikut: larangan berbuat syirik, percaya kepada akhirat, berbakti kepada orangtua, hukum menghormati orang tua kafir, perintah shalat, Amar ma;ruf nahi munkar, konsep sabar, larangan berbuat sombong dan takabbur,dan menyuruh untuk hidup sederhana.