Efektivitas pembelajaran kitab kuning nahwu, subulussalam, fiqih, di pondok pesantren Babul Hasanah Desa Manggis Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Lubis, Jernih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1979/1/11%20310%200064.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1979/ |
Daftar Isi:
- Dasar Penelitian Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana Efektivitas Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Babul Hasanah Desa Manggis Kecamatan Batang Lubu Sutam Kabupaten Padang Lawas. Apa Sajakah Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Babul Hasanah kabupaten Padang Lawas. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Babul Hasanah Manggis Kabupaten Padang Lawas. Dan Untuk mengetahui apa sajakah faktor penghambat dan pendukung pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Babul Hasanah Manggis Kabupaten Padang Lawas. Adapun untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini maka digunakan metode penelitian kualitatif, yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif ini pada umumnya dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Instrumen pengumpulan data digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data dilaksanakan dengan cara deskriptif kualitatif.. Adapun responden dalam penelitian ini guru kitab kuning, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru kitab kuning yang mengajar di Pondok Pesantren Babul Hasanah Manggis Kabupaten Padang Lawas. Hasil Penelitian ini dilakukan kepada responden, maka diperoleh hasil bahwa 1) Efektivitas Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Babul Hasanah Manggis Kabupaten Padang Lawas. Guru kitab kuning di Pondok Pesantren Babul Hasanah Manggis, menerapkan bahwa pembelajaran kitab kuning itu supaya efektif dengan santri mampu memahami, mengartikan, santri menambahi waktu belajar yang sudah ada, dukungan sarana dan prasarana, Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Babul Hasanah sangat baik, karena guru masih semangat belajar Kitab, penilaian pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren 25 siswa kls V: 24 .3% , baik sekali, 65 % baik, dan 9,7 % cukup, dan juga 2,4 % masih kurang. 2) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab kuning meliputi (a) faktor pendukung : pembelajaran kitab kuning yaitu santri dibimbing belajar exstra malam dan sore, guru, orangtua, semua siswa diwajibkan tinggal di asrama atau pondok, peraturan yang cukup ketat, (b) faktor penghambat: perpustkaan masih belum memadai, orangtua kurang persiapan untuk anaknya, solusi untuk mengatasi faktor penghambat yaitu: proses pembangunan terus berjalan, menerapkan sistem giliran antara siswa putra dan putri, sistem pembelajarannya terus dibenahi.