Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika di Kelas VIII siswa MTs Guppi Malintang
Main Author: | Hidayah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1931/1/12%20330%200074.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1931/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman guru terhadap gaya belajar siswa. Dengan mengetahui gaya belajar siswa guru akan lebih mudah dalam menentukan bagaimana menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan sehingga pelajaran matematika tidak membosankan. Gaya belajar siswa akan mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar di kelas VIII siswa MTs Guppi Malintang, prestasi belajar matematika di kelas VIII siswa MTs Guppi malintang dan pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII siswa MTs Guppi Malintang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A siswa MTs Guppi Malintang yang berjumlah 31 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk variabel gaya belajar sedangkan untuk prestasi belajar matematika menggunakan tes. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment dan persamaan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa yang ditunjukan dengan rhitung > rtabel yakni 0,823 > 0,355 dan thitung > ttabel yakni 7,922 > 2,045 dan persamaan regresi linear Ỷ = 66,39 + 0,056 x.