Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat allah swt kelas VII di SMPN3 Padangsidimpuan
Main Author: | Hasibuan, Juraidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1923/1/15%20201%2000184.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1923/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang sering terjadi dalam proses pembelajaran materi Pendidikan Agama Islam yaitu, rendahnya hasil belajar siswa karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran atau penyampaian materi pembelajaran dominan menggunakan metode ceramah, diskusi dan Tanya jawab mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar siswa. Maka peneliti memberikan solusi dalam penggunaan model pembelajaran kooperatip tipe Student Team Achievement Division dalam proses pembelajaran. Dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division ini diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat sesuai yang diharapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII-8 dan kelas VII-7. Kelas VII-8 sebagai kelas eksprimen sebanyak 24 siswa dengan model STAD dan siswa kelas VII-7 sebagai kelas kontrol sebanyak 24 siswa dengan menggunakan metode ceramah. Instrument pengumpulan data adalah tes. Soal tes yang digunakan sebanyak 20 soal yang sudah valid berbentuk pilihan ganda. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Student Team Achievement Division terhadap basil belajar siswa pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII-8 di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan, dimana nilai rata-rata kelas eksperimen dari 61.5 menjadi 83.46. Dengan menggunakan uji-tdiperoleh thutung>ttabel yaitu 5.7> 1.677 dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa HO ditolak, bunyi hipotesis yang diterima adalah ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah Swt Kelas VII di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan.