Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPS Muhammadiyah Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Siregar, Nora Rahmadani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/190/1/13%20310%200025.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/190/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPS Muhammadiyah 41 Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan dalam mengimplementasikan pembelajaran tidak seperti yang diharapkan. Karena dalam pembelajaran, guru belum membuat perencanaan pembelajaran yang semestinya, misalnya guru tidak mengusai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sehingga berdampak kepada aktivitas pembelajaran. Kemudian dalam proses pembelajaran guru tidak membuat metode dan media yang bervariasi sehingga peserta didik merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam merencanakan pembelajaran di SMPS Muhammadiyah 41 Kecamatan Batangtoru KabupatenTapanuli Selatan, untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran di SMPS Muhammadiyah 41 Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan, untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menilai peserta didik di SMPS Muhammadiyah 41 Kecamatan Batangtoru KabupatenTapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sumber data penelitian inidapatdiperolehdari data primer dan data sekunder. Data primernya adalah guru Pendidikan Agama Islam, dan data sekundernya adalah Kepala Sekolah dan peserta didik. Teknik pengolahan dan analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi pembelajaran guru Pendidikan Agama di SMPS Muhammadiyah 41 Kecamatan Batangtoru KabupatenTapanuli Selatan dalam merencanakan pemebelajaran sudah maksimal, hal ini dapat dilihat dari kelengkapan perangkat pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam, walaupun masih ada kejanggalan, yaitu Rencana Pelaksanana Pembelajaran yang dijadikan sebagai pedoman pembelajaran diambil dan disalin dari RPP yang telah ada. Dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, dan media yag digunakan mengandalkan fasilitas sekolah seadanya. Dalam menilai peserta didik, guru Pendidikan Agama Islam menilai sesuai dengan materi pelajaran, yang bertolak ukur kepada indikator pencapaian kompetensi. Untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta didik terhadap materi pembelajaran, guru Pendidikan Agama Islam mengadakan tes lisan dan tes tulisan.