Pengaruh kualitas produk dan fasilitas terhadap minat nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. cabang Padangsidimpuan CAPEM Panyabungan

Main Author: Ritonga, Saima Maruba
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1890/1/13%20220%200171.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1890/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pada umumnya setiap lembaga keuangan syariah dalam menjalankan usahanya tentu mempunyai keinginan agar produknya selau diminati dan diinginkan oleh masyarakat seperti yang diharapkan perusahaan. Terbukti, Minat nasabah Menabung pada PT. Bank Muamalat Cabang Padangsidimpuan CAPEM Panyabungan yang menurun. Oleh karena itu, Bank dapat meningkatkan kualitas produknya yang memberikan berbagai kelebihan dalam suatu produk tersebut, ditambah salah satunya dengan memberikan fasilitas yang lengkap yang dapat memudahkan nasabah bertransaksi lebih mudah dan nyaman. Sehingga timbul rasa atau minat untuk menabung terus menerus dalam bank tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Terdapat Pengaruh Kualitas Produk dan Fasilitas Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada PT. Bank Muamalat Cabang Padangsidimpuan CAPEM Panyabungan. Penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, perusahaan, akademik dan pihak lainnya. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang bidang ilmu Perbankan Syariah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Kualitas Produk, Fasilitas dan Minat nasabah Menabung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Dengan sumber data yaitu data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), dengan jumlah sampel 100 Nasabah. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, Kualitas Produk memiliki thitung>ttabel (2,634>1,291) artinya Kulitas Produk berpengaruh terhadap Minat Nasabah Menabung. Fasilitas memiliki thitung> ttabel (1,810>1,291) artinya Fasilitas berpengaruh terhadap Minat Nasabah Menabung. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa Kualitas Produk dan Fasilitas memiliki Fhitung > Ftabel(8,705>2,698) dan tingkat signifikansi yang diperoleh (0,00<0,1) artinya Kualitas Produk dan Fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat Nasabah Menabung. Sedangkan R Square (R2) sebesar 15,2% variabel X1 dan X2 terhadap Minat Nasabah Menabung, sedangkan 84,8% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.