Motivasi siswa dalam pembelajaran akidah akhlak kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan

Main Author: Daulay, Lila Mariana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/187/1/13%20310%200015.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/187/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah peneliti melihat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan siswa kelas VII-1 kurang termotivasi dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013. Hal tersebut terlihat dari ketidak seriusan siswa-siswi kelas VII-1, dalam mengikuti pembelajaran Akidah Akhlak. Rumusan masalah penelitian ini ialah: bagaimana motivasi siswa-siswi dalam pembelajaran akidah Akhlak Kurikulum 2013 dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa-siswi dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini yaitu: untuk mengetahui motivasi siswa-siswi dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian secara teoritis bagi peneliti untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan penelitian, secara praktis berguna bagi Kepala Sekolah, Guru, dan siswa-siswi sebagai masukan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak kurikulum 2013. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan motivasi siswa meliputi pengertian motivasi, bentuk-bentuk motivasi, tujuan motivasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan logika deskriptif yaitu menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai apa adanya. Informan dalam penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak yang masuk di kelas VII-1 dan siswa/i kelas VII-1 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan motivasi siswa kelas VII-1 dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan masih kurang bagus, di mana terlihat ketidak seriusan siswa-siswi dalam mengikuti pembelajaran. Siswa kurang antusias dalam belajar, lebih suka berbicara pada teman sebangku saat belajar dan guru yang jarang memberikan hukuman kepada siswa yang tidak mau mendengarkan pelajaran. Faktorfaktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran Akidah akhlak Kurikulum 2013 adalah faktor internal yaitu: keinginan siswa untuk berprestasi, keinginan beraviliasi, keingian berkompetensi, dan keinginan siswa untuk berkekuasaan dan faktor eksternal yaitu: faktor keluarga, lingkungan, dan fasilitas.