Problematika pembelajaran baca tulis Al-Qur'an dan upaya mengatasinya di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Falah Palopat Maria

Main Author: Siregar, Saddam Hanafi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1863/1/11%20310%200083.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1863/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang peneliti bahas dalam penelitian ini berawal dari rendahnya pembelajaran baca tulis Alquran anak di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Falah Palopat Maria yang disebabkan beberapa faktor seperti: guru yang kurang berpengalaman, peserta didik kurang minat dalam belajar, penggunaan metode kurang sempurna serta fasilitas yang kurang memadai. Untuk itu peneliti merasa perlu untuk meneliti tentang “Problematika Pembelajaran Baca Tulis Alquran dan Upaya Mengatasinya di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Falah Palopat Maria”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu problematika pembelajaran baca tulis Alquran yang terkait dengan komponen peserta didik, pendidik, metode dan sarana/fasilitas di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Falah Palopat Maria serta apa saja upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika baca tulis Alquran anak-anak di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Falah Palopat Maria. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi tentang problematika pembelajaran baca tulis Alquran yang terkait dengan komponen peserta didik, pendidik, metode dan sarana/fasilitas di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Falah Palopat Maria, serta apa saja upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika baca tulis Alquran anak-anak di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Falah Palopat Maria. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu guru BTQ yang ada di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Falah Palopat Maria sebanyak 3 orang yaitu Ihsan Fauzi, Hidayati, Nur Halimah dan siswa/i kelas II sebanyak 25 orang. Dan sumber data sekunder atau sumber data pelengkap yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu kepala MDA, orang tua siswa/i dan tokoh agama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dan menggunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa problematika pembelajaran baca tulis Alquran dan upaya mengatasinya di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Nurul Falah Palopat Maria terkait dengan beberapa komponen di antaranya sebagai berikut: 1. Pendidik dalam mengajarkan baca tulis Alquran (BTQ) kurang fasih dan kurang berpengalaman. 2. Peserta didik kurang berminat dan kurang motivasi dalam pelajaran baca tulis Alquran (BTQ) baik dari orang tua maupun dari guru saat pembelajaran. 3. Metode yang diterapkan guru kurang sempurna, karena tidak mengikuti langkah-langkah pengajaran metode tersebut. 4. Sarana/fasilitas yang dibutuhkan dalam baca tulis Alquran kurang memadai. Sosulusi yang diberikan untuk mengatasi problem tarsebut meningkatkan pembelajaran baca Alquran, serta membaca buku-buku tentang tajwid, meningkatkan pembelajaran menulis Alquran, serta membaca buku-buku tentang penulisan Alquran (khot), memberi tegoran bagi guru yang kurang disiplin, guru harus banyak membaca yang berkaitan tentang media pembelajaran agar lebih kreatif dalam menggunakan media, guru dan orang tua harus lebih memperhatikan anak dan serta tidak bosanbosannya memotivasi anak, menjadikan pelajaran BTQ menjadi pelajaran yang di senangi siswa, melaksanakan tuntunan yang telah ditetapkan metode tersebut serta mampu menggunakan metode yang bervariasi serta pihak sekolah mengusulkan kepada pemerintah agar memadai sarana/fasilitas madrasah.