Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Ar-Ridhwaniyah Padangsidimpuan
Main Author: | Nurhidayah, Nurhidayah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1862/1/12%20310%200112.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1862/ |
Daftar Isi:
- Untuk menjalankan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan al-Qur’an, di sekolah terjadi proses belajar mengajar yang dijalankan oleh para siswa dan guru. Guru dengan salah satu tugas utamanya adalah mendidik dan membimbing peserta didik untuk belajar serta mengembangkan potensi dirinya. Dalam proses belajar mengajar guru harus mengupayakan untuk meningkatkan minat belajar siswa membaca alQur’an. Dalam memahami dan menghayati isi kandungan al- Qur’an dibutuhkan kepandaian siswa dalam membaca al-Qur’an, karena kepandaian siswa membaca al- Qur’an menjadi salah satu syarat penting yang harus dikuasai dalam mengkaji dan memahami materi ayat- ayat al- Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca al-Qur’an dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Ar-Ridhwaniyah Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an Ar- Ridhwaniyah Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif sehingga penelitian ini dilakukan dengan mengamati dan menggambarkan serta menginterpretasi objek sesuai dengan fakta di lapangan kemudian menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Sebagai responden dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang belajar di Taman Pendidikan al-Qur’an ar- Ridhwaniyah Padangsidimpuan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca al- Qur’an adalah dengan menggunakan pendidikan keteladanan, pembentukan kelas umum setiap hari Sabtu, mengadakan kompetisi sehat diantara siswa, membuka kelas khusus tahfiz al-Qur’an, menempatkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan dasar siswa, menjalin komunikasi yang baik antar sesama guru, serta penggunaan metode yang sesuai dalam pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa membaca al-Qur’an adalah les tambahan siswa yang dilaksanakan diluar jam sekolah, kehadiran siswa ke sekolah tidak mandiri, tempat/ ruang belajar yang kurang memadai sehingga jumlah siswa yang masuk harus dibatasi, dan perbedaan kecepatan siswa dalam memahami pelajaran sehingga guru harus lebih memperhatikannya dibanding siswa yang lain.