Penerapan ganjaran dalam membina perilaku peserta didik kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Pijorkoling
Main Author: | Halimahtussakdia, Halimahtussakdia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1847/1/14%20202%2000088.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1847/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni penerapan ganjaran dalam membina perilaku peserta didik. Selama ini belum semua guru yang menerapkannya di dalam proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan perhatian khusus untuk membina perilaku peserta didik. Dengan diterapkannya ganjaran diharapkan peserta didik memiliki perilaku yang baik dan memberikan hasil yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan ganjaran serta dampak ganjaran dalam membina perilaku peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Istiqomah Hutapadang Pijorkoling. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penerapan ganjaran dalam membina perilaku peserta didik. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan ganjaran dalam membina perilaku peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder dan intrumen pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekhnik penjaminan keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian adalah penerapan ganjaran di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darul Istiqomah dengan cara memberikan ganjaran kepada peserta didik, yaitu ganjaran berupa hadiah, pujian. Dengan diterapkannya ganjaran dapat membina perilaku peserta didik. Dampak dari penerapan ganjaran ini berdampak positif karena peserta didik bisa lebih baik, meningkatkan prestasinya, dan dapat menumbuhkan perilaku baik pada diri peserta didik itu sendiri.